1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Pengadilan Tinggi Agama Mataram

PA Tabanan

PA Girimenang

PA Gianyar

PA Singaraja

PA Klungkung

PA Negara

PA Bangli

PA Badung

PA Dompu

PA Sumbawa Besar

PA Bima

PA Selong

PA Praya

PA Denpasar

PA Mataram

ALUR PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT
 
 

 

Berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 076/KMA/SK/VI/2009

 

1.      Penerimaan di Meja Pengaduan yang dicatat oleh Panmud Hukum  dalam Buku Agenda Pengaduan

2.      Diteruskan kepada Ketua Pengadilan Agama Karangasem

2.1.   Diteruskan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram

2.1.1.      Penelaahan Awal oleh WKPTA Mataram

2.1.2.      Penelaahan oleh Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah

2.1.3.      Penyampaian Hasil Penelaahan kepada WKPTA Mataram

2.1.4.      Penyampaian Hasil Penelaahan kepada KPTA

2.1.5.     Penetuan layak atau tidaknya pengaduan ditindak lanjuti untuk KPTA

             Mataram

2.1.6.      Pembentukan Tim Pemeriksa (jika pengajuan dianggap layak)

2.1.7.      Pemeriksaan (konfirmasi, Klarifikasi Penelitian, Pemeriksaan,

              dan Investigasi) atas Terlapor

2.1.8.      Pembuatan LHP

2.1.9.      LHP diteruskan kepada KPTA lalu kembali ke poin 2.1.4

2.1.10.  LHP diteruskan kepada Kepala BAWAS MARI dalam waktu maks 15 hari setelah dari poin 2.1.4

2.1.11.  Diteruskan kepada Ketua Muda Pengawasan disertai pertimbangan, pendapat dan saran

2.1.12.  Diteruskan kepada Ketua Mahkamah Agung

2.1.13.  HUKUMAN DISIPLIN

2.2.   Diteruskan kepada Badan Pengawas MARI dalam hal kewenangan BAWAS

2.2.1.      Diteruskan kepada Irwil untuk dilakukan penelaahan oleh Hakim Tinggi Pengawas

2.2.2.      Penyampaian Hasil penelaahan dan Rekomendasi kepada BAWAS MARI

2.2.3.      Penyampaian Hasil Penelaahan & Rekomendasi kepada Ketua Muda Pengawasan MARI

2.2.4.      Penentuan layak/tidak pengaduan ditindak lanjti  disampaikan kepada Kepala BAWAS MARI

2.2.5.      Pembentukan Tim Pemeriksa (jika pengajuan dianggap layak)

2.2.6.      Pemeriksaan (konfirmasi, Klarifikasi Penelitian, Pemeriksaan, Investigasi) atas Terlapor

2.2.7.      Pembuatan LHP

2.2.8.      Diteruskan kepada Kepala BAWAS MARI

2.2.9.      Diteruskan kepada Ketua Muda Pengawasan disertai pertimbangan, pendapat dan saran

2.2.10.  Diteruskan kepada Ketua Mahkamah Agung

2.2.11.  HUKUMAN DISIPLIN

 

Skema Alur Penanganan Pengaduan Masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009. Bisa di lihat/didownload disini >>> Klik Disini

 

 

Keterangan:

Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tersebut Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberi kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila :

  1. Telapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain.
  2. Pengaduan bersifat pending atau menarik perhatian masyarakat.
  3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut - larut.

 

Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

 

Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

 

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sistem pengaduan masyarakat, Mahkamah Agung menerbitkan brosur tentang informasi layanan pengaduan masyarakat dan prosedur penyampaian laporan pengaduan yang disebarluaskan melalui Pengadilan Tingkat Pertama maupun Pengadilan Tingkat Banding.

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Create By Ngurah / 01-01-2016

Untitled Document


Untitled Document
PEGAWAI PA.KARANGASEM
  Untitled Document
Nivo Slider Demo

Untitled Document
Gugatan :
 24 perkara
Permohonan :
 4 perkara
Banding :
 0 perkara
Kasasi
 0 perkara
PK :
 0 perkara
Jumlah Perkara :
 28 perkara
 

Untitled Document
Untuk Mencari Perkara Secara Cepat Masukkan Nama Penggugat/Terggugat

Update SAIBA Versi 2.5

Portable Dreamweaver

UPDATE APLIKASI SAS 15.0.3

Data Usulan RkaklDipa 2016

Driver Scaner Cannon Lide 100 For 7 32 bit

UPDATE GPP 2014 KENAIKAN GAJI 14

SE PERBEN KENAIKAN GAJI 2014

NEW UPDATE SPM 14.1.2

NEW Update Referensi SAKPA 14.1.0

NEW Update SPM 2014 Versi 14.1.1

Download Aplikasi GPP 2014 Satker

Download Aplikasi SPM 2014 Satker

AVAST 6 FULL SN

Portable Norman_Malware_Cleaner.exe

Update perjadin tanggal

UPDATE PERJALANAN DINAS

SET UP 7-ZIP 9.2.9

SETUP PINPPSPM 1.0.4

Update Aplikasi Injeksi Pin-PPSPM versi 1.0.3

Update SPM 12.1.4(18 Juli 2012)

See More....


Untitled Document
copyright © 2016 Team IT Pengadilan Agama Karangasem - BALI (The Docthor21)